browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

PENTING!!! CARA PEMBAYARAN SPP…

Posted by on Thursday, 26 August 2010
TATACARA PENGETIKAN NO TAGIHAN MAHASISWA
Untuk pembayaran melalui ATM, no tagihan mahasiswa terdiri dari : Kode IPB ( 9065 ) diikuti dengan Nomor Induk Mahasiswa (NIM)
Kode Fakultas dalam NIM diganti dengan angka sebagai berikut :
NO FAKULTAS KODE MENJADI
1. Fakultas Pertanian A 01
2. Fakultas Kedokteran Hewan B 02
3. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan C 03
4. Fakultas Peternakan D 04
5. Fakultas Kehutanan E 05
6. Fakultas Teknologi Pertanian F 06
7. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam G 07
8. Fakultas Ekonomi dan Manajemen H 08
9. Fakultas Ekologi Manusia I 09
NIM PENGETIKAN
A14060012 -> 90650114060012
B04070012 -> 90650214070012
C14080012 -> 90650314080012
D14090012 -> 90650414090012
E14060012 -> 90650514060012
F14070012 -> 90650614070012
G14080012 -> 90650714080012
H14090012 -> 90650814090012
I14060012 -> 90650914060012

Tata Cara Pembayaran Mahasiswa Melalui ATM 

1. Mahasiswa/i mendatangi ATM terdekat
2. Mahasiswa/i memasukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM BNI (pembayaran melalui ATM tidak dapat dilakukan

melalui ATM bank lain)

3. Mahasiswa/i memilih bahasa yang ingin digunakan dalam proses pembayaran. Bahasa yang tersedia adalah bahasa inggris dan bahasa Indonesia.

4. Mahasiswa/i memasukkan kode pin kartu ATM

5. Mesin ATM akan menampilkan beberapa menu pilihan seperti Menu Penggantian PIN, Menu Transfer, Menu Pembayaran, Menu Registrasi E-Channel, Menu Penarikan Tunai, dan Menu Informasi Saldo. Untuk pembayaran universitas, pilih Menu Pembayaran.

6. Mesin ATM akan menampilkan beberapa menu pembayaran seperti Pembayaran Tiket, Pembayaran Qurban, Pembayaran Kartu Debit BNI, Pembayaran Air Minum, Pembayaran Telepon/HP, Pembayaran Kartu Kredit, Pembayaran Pinjaman, dan Pilihan Menu Berikutnya. Untuk pembayaran universitas, pilih Menu Berikutnya.

7. Mesin ATM akan menampilkan beberapa menu pembayaran seperti Pembayaran Modul Penerimaan Negara, Pembayaran Internet, Pembayaran Universitas, Pembayaran TV Berlangganan, Pembayaran PLN, dan Pilihan Menu Utama. Untuk pembayaran universitas, pilih Universitas.

8. Mesin ATM akan menampilkan Jenis Pembayaran Universitas, yaitu Menu Pembayaran Student Payment Centre (SPC) dan Pembayaran UI. Untuk pembayaran universitas, pilih Menu Pembayaran Student Payment Centre (SPC).

9. Mesin ATM akan menampilkan layar untuk memasukkan kode universitas dan nomor tagihan mahasiswa/i. Kode universitas Institut Pertanian Bogor (IPB) adalah 9065. Berikut ini adalah contoh melakukan proses pembayaran universitas, yaitu :Contoh Kode Universitas : 9065
No Tagihan : 123456789100
Tekan : 9065123456789100

10. Mesin ATM akan menampilkan layar untuk memilih rekening yang akan digunakan mahasiswa/i untuk melakukan pembayaran. Pilihan menu yang tersedia adalah Giro, Tabungan, dan Kartu Kredit. Untuk melakukan pembayaran universitas, pilih Tabungan.

11. Mesin ATM akan menampilkan layar berisi pemberitahuan bahwa transaksi telah selesai dilakukan dan menawarkan pilihan apabila mahasiswa/i ingin melakukan transaksi yang lain. Pilih Ya apabila mahasiswa/i ingin melakukan transaksi lainnya melalui mesin ATM. Pilih Tidak apabila mahasiswa/i telah selesai melakukan transaksi.

12. Apabila mahasiswa/I telah selesai melakukan transaksi. Maka mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti transaksi pembayaran universitas yang terdiri dari informasi sebagai berikut : Nomor Record, Nomor Mahasiswa, Nama, Nomor Referensi, Nomor Registrasi, dan Jumlah Bayar.

Tata Cara Pembayaran Mahasiswa Melalui Internet Banking Personal

1. BNI Internet Banking dapat diakses melalui alamat https://ibank.bni.co.id (tampilan menu awal pada Figure 3.1). Untuk melakukan menu pembayaran, pilih Personal.

2. Halaman BNI Internet Banking akan menampilan menu awal BNI Internet Banking Personal. Untuk login, mahasiswa/i harus mempunyai user ID dan password BNI Internet Banking Personal. Pembayaran universitas merupakan transaksi finansial, oleh karena itu mahasiswa/i harus mengisi user ID dan password yang telah didaftarkan sebelumnya melalui cabang BNI.
3. Setelah melakukan pengisian User ID dan password, maka BNI Internet Banking Personal akan menampilkan beberapa pilihan menu, seperti Menu Informasi Rekening, Menu Transfer Dana, Menu Pembayaran, Menu Pembelian, Menu Simulasi, dan Menu Administrasi. Untuk melakukan pembayaran universitas, pilih Menu Pembayaran.
Dalam Menu Pembayaran, terdapat beberapa pilihan menu, seperti Menu Pembayaran Kartu Kredit, Menu Pembayaran Telepon/Seluler, Menu Pembayaran Listrik, Menu Pembayaran Penerbangan, Menu Pembayaran Biaya Pendidikan, Menu Pembayaran Pinjaman/Loan, Menu Pembayaran ZIS dan Qurban, Menu Pembayaran TV Berlangganan, dan Menu Pembayaran Pajak. Untuk melakukan pembayaran universitas, pilih Menu Pembayaran Biaya Pendidikan.
4. Untuk melakukan pembayaran biaya pendidikan perguruan tinggi/universitas, maka mahasiswa/i melakukan proses sbb :
• Pilih nama perguruan tinggi, yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB)
• Masukkan nomor tagihan (penulisan nomor tagihan tanpa
karakter khusus)
• Pilih nomor rekening yang digunakan untuk melakukan pembayaran
• Sebelum melakukan pembayaran, aktifkan terlebih dahulu token BNI Internet Banking (BNI E-Secure) dengan mengisi password yang dimiliki oleh mahasiswa/i
• Seteah BNI E-Secure aktif, klik tombol kunci yang tertera pada layar, maka akan muncul 8 (delapan) nomor yang harus diketik pada BNI E-Secure milik mahasiswa/i
• Maka akan muncul 8 (delapan) nomor respon yang muncul pada BNI E-Secure milik mahasiswa/i yang harus diketik pada kolom yang tersedia pada halaman BNI Internet Banking Personal.
• Klik, Lanjutkan
5. Pada halaman BNI Internet Banking Personal, akan muncul informasi pembayaran yang akan diproses. Informasi tersebut adalah seperti Nama Universitas, Kode Perguruan Tinggi, Nomor Tagihan, Nama Mahasiswa, Nomor Mahasiswa, Jumlah Pembayaran (Rp), Rekening Pembayar, dan 8 (delapan) nomor yang harus diketik pada BNI E-Secure milik mahasiswa/i. Setelah memasukkan 8 (delapan) nomor tersebut, maka mahasiswa/i harus mengetik 8 (delapan) nomor respon yang muncul pada BNI E-Secure pada kolom yang tersedia.
Pastikan data yang diinput oleh mahasiwa/i telah benar dikarenakan BNI tidak bertanggung jawab atas kesalahan input data. Untuk melakukan pembayaran biaya pendidikan universitas, klik lanjutkan.
6. BNI Internet Banking Personal akan menampilan halaman pemberitahuan bahwa pembayaran biaya pendidikan universitas telah BERHASIL dilakukan. Informasi yang tertera pada halaman BNI Internet Banking Personal adalah Nama Universitas, Kode Perguruan Tinggi, Nomor Tagihan, Nama Mahasiswa, Nomor Mahasiswa, Jumlah Pembayaran (Rp), Rekening Pembayar, Periode Pembayaran, Nomor Referensi, Tanggal/Waktu Pembayaran, Nomor Jurnal Bank, Nomor Registrasi Bank, dan Status Pembayaran. Untuk mencetak bukti pembayaran, klik cetak bukti pembayaran dan untuk menyimpan bukti pembayaran, klik simpan bukti pembayaran.

Tata Cara Pembayaran Mahasiswa Melalui Teller

  1. Mahasiswa/i mendatangi cabang BNI terdekat
  2. Pembayaran mahasiswa/i dapat dilakukan secara tunai atau pemindahbukuan (transfer)
  3. Mahasiswa menginformasikan identifikasi biller (no.billing / nomor mahasiswa) kepada teller
  4. Teller akan melakukan verifikasi atas informasi pembayaran mahasiswa/i
  5. Mahasiswa/i melakukan pembayaran
  6. Mahasiswa/i akan mendapatkan Tanda Terima Pembayaran Mahasiswa (Figure 1). Berikut ini adalah Tanda Terima Pembayaran Mahasiswa yang terdiri dari informasi seperti Nama Institusi, Nomor Pembayaran, Nomor Pokok Mahasiswa, Nama Mahasiswa, Fakultas, Jurusan, Program Studi, Nomor Registrasi, Total Pembayaran, Nomor Transaksi, dan Pengesahan Petugas Bank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *